What is in the name

Mungkin maksud Anda adalah: sulistiani wulandari. Kalimat itulah yang akan muncul ketika saya tuliskan nama lengkap saya ke dalam kotak search Google. Sejak pertama kali masuk sekolah, SD,SMP,SMA hingga kuliah, kesalahan pengucapan atau penulisan nama, sudah biasa saya alami. Ketika guru atau dosen mengabsen, kerap kali saya menyampaikan ralat atas pengucapan nama saya yang salah. Sulistiani, dalam bahasa Jawa berarti indah/keindahan, adalah nama yang umum digunakan bagi anak perempuan. Sulihtiani, kata pertama dari dua kata yang membentuk nama saya memang terasa aneh didengar telinga 😉 Tidak heran bila Google mempertanyakan kebenarannya, karena ketidaklazimannya digunakan. Di usia di mana saya mampu dengan benar menuliskan nama lengkap saya, kepada orang tua tidak lupa saya tanyakan arti dari nama itu.

Namamu itu dulu eyang putri yang memberikan, demikian jawab ayah saya. Sulih itu artinya tukar. Bersamaan dengan kelahiranmu di rumah sakit dulu, lahir pula seorang bayi perempuan dari keluarga lain. Saat itu, hampir saja engkau terbawa pulang oleh keluarga itu akibat salah mengambil bayi dari boksnya. Sedangkan wulandari, itu artinya bulan purnama, karena engkau lahir bersamaan dengan sang bulan sedang penuh memancarkan sinarnya. Jadi bila digabungkan, arti dari namamu adalah : anak perempuan yang lahir saat bulan purnama, dan hampir saja tertukar 😀

Peristiwa hampir tertukarnya saya ketika bayi dulu, boleh jadi bagi eyang putri adalah peristiwa besar sehingga perlu beliau abadikan menjadi sebentuk kata yang menempel pada kata lain yang mengabadikan pula suatu peristiwa yang hanya terjadi setiap bulan sekali, yaitu bulan purnama, dan jadilah sebuah nama yang sekarang saya sandang.

Untuk anak-anak kami, nama yang kami pilihkan bagi mereka adalah sebuah doa. Doa kepada Sang Pencipta agar anak-anak kami dapat menjadi seorang sebagaimana arti dari nama yang kami berikan bagi meraka.

Abdurrahman Yusuf Irsyad, hamba Allah yang memiliki hati yang pengasih, memiliki akhlak yang dimiliki Nabi Yusuf AS, serta selalu memperoleh petunjuk dari Allah SWT.
Abdussalam Faqih Hasan, hamba Allah yang dapat memberikan ketenangan dan ketentraman bagi sesamanya, seorang yang berilmu dan berakhlak baik.
Salsabila Yuka Izzatunnisa, anak yang dapat menjadi sumber mata air kebahagiaan bagi kedua orang tuanya, seorang wanita yang bagaikan bunga, selalu menjaga harga diri dan kehormatannya.
Nadhifah Laila Ramadhani, anak yang memiliki akhlak yang bersih, dan di malam kelahirannya mendapat berkah agungnya bulan Ramadhan.
Naura Azka Sadidah, anak yang akan tumbuh bagaikan sekuntum bunga, mempunyai akhlak yang baik dan memiliki kemauan untuk selalu menjadi lebih baik.

Ya Allah, kabulkanlah doa kami…amiin ya rabbal aalamiin…

Advertisements

15 thoughts on “What is in the name

  1. dr. Didi K, SpOG August 17, 2008 at 10:26 pm Reply

    Di obgyn kami juga punya “SULIH” mbak…
    TSH atau Inggrisnya HRT….

  2. sweetstrawberry August 18, 2008 at 7:10 am Reply

    Amiiiin ya Robbal ‘alamiiin.. Nama-nama yg indah sekali 🙂 .. artinya jg bagus bgt!!
    Wuah, kalo nama saya berarti apa yah.. Atik (guru SMP saya pernah ngomong kalo itu artinya manis), Savitri (menurut cerita pewayangan, disimbolkan sbg putri raja yg cantik, baik hati dan setia pd suami), tp kt ortu krn lahir di malam takbiran menjelang Idul Fitri dinamakan Vitri=fitrah=suci.
    Rakhmawati: Perempuan yg merupakan rahmat dari Allah..

  3. edratna August 21, 2008 at 2:17 pm Reply

    Biasanya orangtua memberi nama ada artinya dan mengandung harapan tertentu. Nama sayapun, Dyah, sering ditulis menjadi Diah. Padahal Dyah artinya lain dengan Diah…
    Enny….dari En, artinya pertama. Terus Ratnawati selain nama Ratna, adalah gadis yang pernah menolong ayah saat dipenjara oleh tentara Belanda, juga berarti indah, perhiasan, permata keluarga.

    Anak saya bernama wayang semua, karena ayahnya pencinta Krisna, atau Wisjnu, yang ahli strategi. Jadi namanya:
    Narpati Wisnu Ari Pradana dan Narpendyah Wisjnu Ariwardhani. Narpati adalah raja, demikian juga Narpendyah (raja perempuan), artinya semoga nantinya bisa memimpin, minimal keluarganya, menjadi seorang ayah dan ibu yang baik bagi anak-anaknya.

  4. Romi Satria Wahono September 8, 2008 at 4:46 am Reply

    Tulisan barunya mana nih ya ukhtiku sayang , sudah masuk September loh sekarang 😉

  5. wulan September 9, 2008 at 7:45 am Reply

    #dr. Didi K, SPOG : Ya betul sekali dok , Terapi sulih Hormon. Senang sekali ada temennya 🙂 Kebanyakan orang gak tahu apa artinya sulih.

    #sweetstrawberry : arti nama mbak Atik juga bagus, semoga diberkahi dari doa kedua orang tua ya mbak.

    #edratna : nama anak2 ibu gagah 😉 semoga dikabulkan harapan dari kedua orang tuanya amiin..

    #Romi Satria Wahono : sabar ya akhii…semua ada masanya 😀

  6. hakimaza September 9, 2008 at 11:12 am Reply

    wuaa.. mbak wulan sdh punya 5. barokallah… lam kenal aja. sesama alumni smansa. kpn nih pulang ke semarang?
    kunjungi aku ya..
    di Blogspot atau di WordPress.
    Matur nuwun n tengkyu

  7. hakimaza September 10, 2008 at 8:31 am Reply

    Ana angkatan 93. Fisika 1. salam aja buat mas dan jundi2nya. Tukeran link yuuk…

  8. herry September 12, 2008 at 12:46 pm Reply

    Assalamualaikum,
    menarik sekali om dan tante membahas ttg nama. Kadang memang ada orangtua yg “semena-mena” di dalam memberikan nama anaknya. Yg kasian mkin anaknya saat dia sudah dewasa nanti.

    Salam kenal ya …..
    Allya Innaz Mahardika, just call me Innaz 🙂

  9. innaz September 12, 2008 at 12:47 pm Reply

    he he he salah ketik bekas ketikan bapakku 🙂 maap-maap

  10. wulan September 12, 2008 at 11:01 pm Reply

    # hakimaza : salam kenal. He he temen seangkatan SMA tapi nggak kenal 🙂 Kelasnya jauh sih ya…
    Sudah saya link…

    # innaz : salam kenal….

  11. ummurifqi September 17, 2008 at 8:21 am Reply

    SubhanAllah… hebat…
    sudah 5 ya putra-putrinya..
    saya link ya mba…

  12. wulan September 22, 2008 at 8:21 pm Reply

    # ummurifqi : Alhamdulillah…
    saya link juga ya..

  13. detikmadura October 18, 2008 at 11:07 pm Reply

    luar biasa … great

  14. ummi ghina May 9, 2009 at 1:49 pm Reply

    ass wr wb, nama adalah doa buatsang anak dan k2 ortunya saya mengalami sendiri ,bgmn dg nama anak berkaitan dg cobaan yg allah berikan.alhamdulillah smua bjalan dg baik berkat doa.berikanlah nama yg baik ,krn itu adalah hak anak dr ortunya.inilah anak2ku ..syarifah islami, umar hasbiallah, dan ghina mardhiah,…..smoga allah mngabulkan doa2 kami .amiiin.salam tuk kelg nya ya mbak.

  15. pujanggaitusudahmati April 27, 2010 at 11:10 am Reply

    OOT, romantis banget si momy ini saya sang pujaaan hatinya, dari beberapa komen sang suami dan istri bener2 bikin iri, romantis pisan euy, like that 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: