Muslimah Jepang Itu…

Pada suatu hari di Masjid Otsuka, Tokyo, Jepang, selesai mengikuti majelis taklim khusus muslimah, saya bercakap-cakap dengan seorang muslimah Jepang, sebut saja namanya Fulanah. Percakapan kami dimulai dengan pernyataan Fulanah kepada saya : “ Wulan san, saya iri lho kepada saudara-saudara muslimah dari Indonesia, Pakistan, Bangladesh, Malaysia dan negara-negara Islam lainnya. Mereka telah memeluk Islam sejak lahir. Sejak kecil telah diajarkan nilai-nilai Islam. Telah beribadah sepanjang hidupnya. Fasih membaca Al Qur’an. Tentu mereka telah memperoleh pahala yang sangat banyak atas segala ibadah dan amal yang telah dilaksanakannya”.

” Sedangkan saya, baru berislam beberapa tahun yang lalu, sebelum itu saya banyak melakukan perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan nilai Islami. Minum khamr, makan daging babi, dan lain-lain. Lidah saya terlalu kaku ketika belajar membaca Al Qur’an. Hafalan surat-surat saya tidak banyak, dan bacaannyapun mungkin banyak yang salah.Bagaimana saya dapat mengejar ketinggalan dari saudara muslimah yang lain? “

Sebentar saya tertegun dan termenung mendengar ucapan Fulanah tadi, tak tahu harus berkata. Kemudian pelan-pelan saya coba menjawabnya : “Fulanah san, justru sebaliknya kami lah –saudara muslimah- yang kausebut tadi yang patut iri kepada anda. Anda memperoleh hidayah Islam dari Allah SWT,menjadi seorang mualaf. Dilahirkan kembali, suci seperti layaknya bayi yang baru lahir dari rahim ibunya. Dan Anda menyambut anugerah Allah SWT tadi dengan hati yang tunduk dan tekat yang kuat menerima segala ketentuan dan hukum Allah SWT tanpa perbantahan sedikitpun. Kebiasaan-kebiasaan yang lalu segera anda tinggalkan, ibadah anda lakukan dengan komitmen yang tinggi, shalat tepat waktu, zakat tidak pernah kurang, puasa penuh bahkan ibadah haji pun telah anda laksanakan.Tidak gentar mengenakan busana muslimah yang sesuai syariat, padahal dengan itu anda akan selalu menerima tatapan aneh dari masyarakat negeri anda.”

“Anda tidak berputus asa belajar membaca Al Qur’an walaupun dengan lidah Jepang yang kaku ketika membaca huruf hijaiyyah. Bahkan dengan semangat yang tinggi anda mengikuti kursus bahasa Arab. Anda juga mempunyai rasa solidaritas yang tinggi kepada umat Islam di negara lain yang sedang mengalami penderitaan. Semua itu anda lakukan hanya dalam beberapa tahun keIslaman anda. Sedangkan kami, yang menerima keIslaman sejak lahir, mungkin sampai setengah umur ataupun bahkan seumur hidup pun belum tentu dapat melakukan itu semua. Amal ibadah yang anda laksanakan beberapa tahun ini mungkin nilainya sama atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan kami. Wallahu’alam. Kami justru banyak belajar dari anda.”

“Katakanlah, Maukah kami kabarkan tentang orang yang paling merugi amalan mereka? yaitu orang-orang yang telah sia-sia usaha mereka di dunia, sedang mereka menyangka telah mengerjakan sebaik-baiknya.” (Al Kahfi 103-104)

*Untuk saudara-saudaraku muslimah Jepang, semoga selalu istiqomah !

48 thoughts on “Muslimah Jepang Itu…

  1. Ayu May 5, 2008 at 7:36 pm Reply

    Mbak, izin copy paste kisah ini ya?!
    Jazakumullah

  2. wulan May 5, 2008 at 8:09 pm Reply

    #Ayu : Ya, silahkan..
    waiyyakum

  3. sweetstrawberry May 6, 2008 at 12:24 am Reply

    Assalamu’alaikum.. Terima kasih Mbk Wulan uda mampir di blog saya yg di WP. ^^ *ketemu di WP sm MP nih.. senyum* O,ya blog-ny mbk saya link ya. Jazakillah khoir..
    Smg saudari2 muslimah qt dari Jepang itu selalu dirahmati n tetep di-istiqomah-kan
    sm Allah SWT. Amin.

  4. wulan May 6, 2008 at 8:53 pm Reply

    wa’alaikumussalam wr wb
    #sweetstrawberry : he..he..sama-sama mbak atik. Yang WP ini yang pertama saya buat, baru kemudian bikin di MP. Saya link juga ya…syukron.

  5. Tatas Wicaksono May 7, 2008 at 11:55 pm Reply

    Bu Wulan, menarik sekali cerita ini, sepertinya mengingatkan pula pada tulisan Pak Romi dengan judul “Berilah Mataharimu Sinar Takwa”. Sampai2 saya hafal judulnya.

    Semoga bisa mengingatkan kita yang lalai dengan tanggung jawab hidup ini. Amien. 🙂

  6. wulan May 8, 2008 at 9:30 am Reply

    # Tatas Wicaksono : ya, banyak sekali nilai positif yang saya ambil ketika bergaul dengan muslimah2 Jepang, yang notabene berIslam baru beberapa tahun, salah satunya cerita di atas.

  7. toim May 15, 2008 at 10:17 am Reply

    keren bgt postingan-nya.Sugoi… 😀
    Emang postingan mbak gak beda2 jauh ama mas Romy.Sama2 bagus & bnyk hikmah-nya.
    Makasi..makasi 🙂

  8. oRiDo May 16, 2008 at 4:44 pm Reply

    emang nih, sayang sekali, banyak orang yg sudah lama beragama islam (bahkan sejak lahir) tapi amal nya masih sedikit sekali, niat utk belajar islamnya kurang, dlsb..
    saya termasuk yg kebanyakan ini..
    😦

    ampuni hamba yaa Allah..

  9. wulan May 18, 2008 at 12:31 pm Reply

    #toim : Alhamdulillah, sama-sama mas…

    #oRiDo : yup…mari sama-sama instropeksi diri.

  10. tya_asia June 4, 2008 at 11:41 pm Reply

    mba, sy jg mualaf sprt mba Fulanah.
    sy tersentuh dgn ajaran islam.
    Insya allah sy mau ber jilbab. krn mengerti akan arti berjilbab.

    Sy minta doanya.. Semoga lancar. Amien

    Wasalam.

    * Tya *

  11. wulan June 6, 2008 at 11:33 am Reply

    #tya asia : Barakallah, Alhamdulillah, semoga keinginan untuk berjilbab diridhoi dan dimudahkan oleh Allah ya….amiin.

  12. ikaaa June 6, 2008 at 5:18 pm Reply

    Subhaanalloh, pgn jg ngrasain jd muslimah di negara yang kaum muslimnya minoritas, kyknya perjuangannya bakalan lebih berat, lbh pny “taste” 🙂

  13. rusdin June 15, 2008 at 5:16 pm Reply

    salam kenal ummu. tulisannya sungguh menginspirasi dan menggugah. terima kasih atas kisah-kisahnya.

    http://rusdin.wordpress.com

  14. wulan June 21, 2008 at 1:15 pm Reply

    #ikaa : he..he..he kayak iklan rokok aja;)

    #rusdin : salam kenal juga…

  15. zoel chaniago June 21, 2008 at 9:45 pm Reply

    salam…. salut bangetttttttttttttttt

  16. Ade Bayu June 23, 2008 at 5:16 am Reply

    Wah, ada fulanah san dan antum san. Keren-keren.

    Salam kenal ^_^

    Syukron Gozaimasu

  17. oRiDo™ June 25, 2008 at 12:36 pm Reply

    ehm…
    udh lama gak apdet..
    😀

  18. edratna June 26, 2008 at 9:34 am Reply

    Cerita yang sangat menarik….

  19. rusman June 28, 2008 at 6:36 am Reply

    salam kenal mba wulan…
    kalo saya kejepang boleh mapir ???

    Syukron

  20. wulan July 10, 2008 at 7:52 am Reply

    #zoel chaniago : wa’alikumussalam..

    #Ade Bayu : salam kenal juga..

    #oRiDo : iya nih, bukan blogger yang baik ya:)Insya Allah diusahakan untuk selalu diupdate

    #edratna : terima kasih bu

    #rusman : salam kenal juga mas, sayang sekali sekarang saya sudah berada di tanah air kembali:D

  21. Hmid August 2, 2008 at 12:13 pm Reply

    Alhamdulillah baru bergabung di sini….InsyaAllah bisa menambah wawasan jg utk instropeksi…. mudah2an ita selalu mndapat rahmat dr Allah SWT….InsyaAllah amien….

  22. Nurdiansyah August 20, 2008 at 5:14 pm Reply

    Cerita yg menarik mba, mengingatkan saya untuk tidak melupakan ibadah, dan terus meningkatkannya.. Thx.

  23. wisnu August 23, 2008 at 12:17 am Reply

    asalamualaikum mbak Wulan, boleh gak tulisannya d upload d friendster ku?

  24. suwito August 24, 2008 at 7:29 pm Reply

    Barakallahufik…

  25. catatanvia September 2, 2008 at 9:16 am Reply

    jadi malu saia…

  26. wulan September 9, 2008 at 7:56 am Reply

    #Hmid : amiin

    #Nurdiansyah : sama-sama mas..

    #wisnu : waalaikumussalam wr wb. Silahkan mas..

    #suwito : syukron katsir..

    #catatnvia : jangan cuma malu, tapi tiru 😉

  27. putra September 14, 2008 at 9:17 pm Reply

    ya ummi..saya merindukan akhwat jepang .
    blh kah saya……………???

  28. detikmadura October 18, 2008 at 11:03 pm Reply

    insyaALLAH istriku … muslimah lain yang belajar sastra jepang ….

    salam semangat

  29. Ahmad Fajar Sidiq October 30, 2008 at 8:31 am Reply

    Mbak, saya izin copy paste artikel ini. Terima kasih sebelumnya. Salam buat mas Romi.

    Regard,
    Ahmad Fajar Sidiq
    http://fajj27blog.wordpress.com

  30. wulan November 15, 2008 at 9:35 pm Reply

    mbk ceritanya bagus, kalau bisa minta alamat email mba dong

  31. Ri_dha November 19, 2008 at 6:17 am Reply

    wah,mba benar..
    saya sebenarnya juga iri dengan mereka2 muslimah jepang,korea dan negara2 lain yg memiliki semangat tinggi untuk mempelajari Islam walopun mereka baru mengenal Islam dan kebanyakan orang di negara mereka memandang aneh..
    syukron mba..^^

  32. kokoro December 17, 2008 at 9:45 am Reply

    Assalamualaykum
    um irsyad, mau tanya dong. selama 7 tahun di sana um tentu udah berinteraksi banyak dengan masyarakat jepang baik yang muslim maupun non muslim.
    Nah, (kalo tidak salah memahami) saya merasa banyak tabiat/sikap hidup dari orang jepang yang rasanya itu termasuk nilai-nilai yang diajarkan Islam. seperti bekerja keras, tidak mudah menyerah, santun, ulet…. (yang justru kita orang islam sendiri yang sudah diajarkan nilai2 tsb, belum seperti itu)
    nah, kapan-kapan um bisin postingan tentang ini dong um…
    jazakillahukhoir sebelumnya
    barakallahufiykum

  33. f a j r i January 17, 2009 at 8:23 am Reply

    assalamu’alaikum…
    subhanalloh…
    kira2 selain faktor hidayah,adakah faktor lain yang membuat orang semakin cinta pada Robb nya?semakin cinta pada Rosulnya?semakin cinta pada syari’at2 Nya?semakin cinta pada sodara2 muslimnya?

  34. ryu_chan March 28, 2009 at 8:46 am Reply

    Assalamu’alaikum. ummu irsyad….
    ana terkesan banget dengan cerita diatas membuat ana jadi lebih bersemangat buat mengikuti majelis taklim…
    apa boleh ana berkenalan langsung dengan fulanah-san?

  35. arif July 1, 2009 at 3:57 pm Reply

    assalamualaikum,,afwan ukhti, trus terang ana pengen pasangan wanita sholeh dari japan, gmana caranya taaruf yach…

  36. anggayasha August 20, 2009 at 9:52 pm Reply

    Mbak, izin share di FB ya… 🙂

  37. Rijal.Book March 26, 2010 at 1:58 pm Reply

    ALHAMDULILLAH,,,saya salut ceritanay,,,

    saya dari pondok tahfiz Al-Qur’an……saya mohon dari saudara2 muslim yg di jepang agar membantu memberikan informasi bagaimana saya bisa study dan berda’wah di jepang……

    sungguh semangat saya sangat tinggi untuk berda’wah di jepang……

    syukaran wajazaakumullahu khairan………..

  38. Rijal.Book March 26, 2010 at 2:00 pm Reply

    ALHAMDULILLAH,,,saya salut ceritanay,,,

    saya dari pondok tahfiz Al-Qur’an……saya mohon dari saudara2 muslim yg di jepang agar membantu memberikan informasi bagaimana saya bisa study dan berda’wah di jepang……

    sungguh semangat saya sangat tinggi untuk berda’wah di jepang……
    tolong kirimkan informasi di emailku ini : zone_online505@yahoo.com

    syukaran wajazaakumullahu khairan………..

  39. Rijal.Book March 26, 2010 at 2:04 pm Reply

    ALHAMDULILLAH,,,saya salut ceritanya……………………………………………………………..

    saya dari pondok tahfiz Al-Qur’an……saya mohon dari saudara2 muslim yg di jepang agar membantu memberikan informasi bagaimana saya bisa study dan berda’wah di jepang……

    sungguh semangat saya sangat tinggi untuk berda’wah di jepang……
    tolong kirimkan informasi di emailku ini : zone_online505@yahoo.com

    syukaran wajazaakumullahu khairan………..

  40. Rijal.Book March 26, 2010 at 3:03 pm Reply

    LAA ILAAHA ILLAH MHAMMADURRASULULLAH…….

    syukron wajazaakumullahu khairan……………………….

  41. Putri August 22, 2010 at 9:22 am Reply

    subhanallah.. bagus mbak

  42. nita nuur husna September 15, 2010 at 5:10 pm Reply

    SEMANGAT WAHAI SAUDARAKU!!!!!!!!!!!!

  43. nita nuur husna September 15, 2010 at 5:11 pm Reply

    SEMANGAT SAUDARAKU

  44. istiqomahba September 25, 2011 at 8:23 am Reply

    subhanallah semoga kita semua senantiasa berada dibarisan muhajrin dan anshor yang paling duluan dan yang menyusul kemudian dalam berislam tetapi semua memiliki keutamaan yang sama di hadapan Allah yakni mentauhidkan Allah didunia hingga ke jannahnya kelak. amin

  45. handri October 7, 2011 at 12:50 pm Reply

    hal terberat adalah selalu menjaga kadar keimanan kita dan selalu berusaha terus untuk “naik peringkat” sebab terkadang tanpa kita sadari kita telah jatuh peringkat jauh dibawah peringkat sebelumnya dan bahkan ketitik terendah yang tidak pernah mampu kita bayangkan sebelumnya….dan itulah perjuang terberat sesungguhnya….menjaga dan terus berusaha naik peringat…..

  46. Abdul Majid November 12, 2011 at 7:25 pm Reply

    jazakALLAH mbak. cerita diatas tadi ana tulis tangan dibuku. sukseh tuk muslimah istiqomah!. amiin

  47. Haruna January 6, 2013 at 12:17 pm Reply

    Subhanallah Islam mulai diterima di Jepang^_^

  48. sofyan April 15, 2013 at 12:10 am Reply

    menarik………..

Leave a Reply

