Kuse

Kuse, ku dibaca seperti ku pada aku dan se dibaca seperti se pada sewa. Berasal dari bahasa Jepang yang artinya kurang lebih, kebiasaan seseorang yang dibawa dari kecil dan susah dihilangkan. Ini terjemahan bebas saya sendiri sih 😉 Mohon yang ahli bahasa Jepang bisa membetulkan kalau salah.

Kuse bisa bermacam bentuknya,  dilakukan oleh pelakunya secara refleks. Mudah diketahui karena sering dilakukan pada saat-saat tertentu, ketika si pelaku membutuhkan kuse-nya untuk memenuhi kenikmatannya. Kuse sebenarnya bisa dihentikan, bila dilakukan sedini mungkin. Pada bayi contohnya adalah mengisap jempol. Bila tidak dihentikan, kebiasaan ini bisa berlanjut hingga dewasa. Bila merugikan, sebenarnya kuse harus dihentikan. Mengisap jempol misalnya, bisa membuat bentuk ibu jari menjadi berubah, biasanya ujungnya mengecil dan membuat bentuk tulang rahang menjadi agak ke depan alias tonggos. Anak-anak di rumah pun gak luput dari fenomena ini.

Irsyad, waktu kecil mempunyai kuse mengisap jari, mulanya sih jempol, gak ngerti kok lama-lama jari telunjuk dan jari tengahnya yang diisap. Karena takut dengan 2 kerugian di atas, saya menyetopnya ketika umurnya belum mencapai 2 tahun, dengan cara memplester jari tengah dengan jari manis. Jadi Irsyad gak bisa menemukan jari tengahnya untuk diisap bersama jari telunjuk. Mungkin karena merasa gak nikmat lagi, akhirnya kusenya itu hilang, caranya agak barbar ya 😉 tapi gak membutuhkan waktu lama dan gak membuat Irsyad stress kok.

Hasan, punya kuse membelai rambut umminya, terutama sebelum tidur. Mulanya ketika masih bayi sambil minum asi, tangannya yang bebas sering menarik-narik rambut saya. Lama kelamaan mungkin karena merasakan kenikmatan, ritual itu terus berjalan. Nah, kalau kusenya Hasan ini gak bisa hilang sampai sekarang, lha rambut umminya gak mungkin digundulin kan 😀 Bahkan gak hanya rambut ummi, rambut adiknya bisa juga dijadikan obyek… gak ada rotan akar pun jadi 😉

Yuka, kusenya ngempeng ASI sampai tidur. Akhir dari kusenya ini ketika saya ketahuan hamil adiknya, mau gak mau harus disapih. Kalau yang ini gak ada trik khusus. Saya gak merasa perlu memakai trik-trik seperti diolesi jamu pahit atau yang lainnya, cukup dijelasin ke Yuka sebab kenapa harus disapih, dan dia udah ngerti.

Nana, yang satu ini punya kuse yang agak serem, suka menarik narik pusarnya, ketika mau tidur. Sampai saat ini saya belum berusaha untuk menghentikan kebiasaannya ini. Habis kasihan juga sama Nana, gak genap minum ASI, harus berhenti ketika berumur 8 bulan, ketika kandungan ummi udah besar, terasa sakit ketika harus menyusui Nana.

Abi, yang satu ini juga punya kuse lho 😉 Tapi gak usah diceritain ya…… ntar dicemberutin lagi 😉

Apakah anda masih menikmati hidup bersama kuse anda ? Sepanjang gak merugikan gak pa pa kali ya…

Advertisements

25 thoughts on “Kuse

  1. Agung May 30, 2007 at 6:32 pm Reply

    loh Naura tidak punya kuse?

  2. wulan May 31, 2007 at 1:52 pm Reply

    #Agung : Belum ketahuan mas, masih 6 bulan umurnya 😉

  3. Alex Budiyanto June 1, 2007 at 3:34 pm Reply

    Kalau Kuse-nya yang paling besar, apa-an tuh mbak? *lirik RSW*

  4. wulan June 2, 2007 at 6:32 am Reply

    #Alex: Kan udah dibilang di atas, off the record 😉 Kalau penasaran, silahkan tanya langsung ke beliaunya 🙂

  5. cakmoki June 2, 2007 at 6:02 pm Reply

    Kasih bocoran dikit dong kuse Abi tercinta. Enggak bakal cemberut koq. Kalo cemberut senggol dikit, bakal sumringah deh 🙂

  6. wulan June 3, 2007 at 3:51 pm Reply

    #Cakmoki : Bocoran…emangnya UAN, ada-ada aja nih pak dokter 😀

  7. Andra June 8, 2007 at 9:58 am Reply

    Hehehe…jadi ingat kuse-ku yang sampai sekarang masih sering jadi bahan ‘berantem’ sama Mama 😦 *sensor*
    Jadi ikutan penasaran apa kuse-nya si Abi 😀

  8. wulan June 8, 2007 at 1:19 pm Reply

    #Andra : Wah pasti kusenya mengerikan ya, lha pake berantem segala 😉 (…penasaran..hi..hi)
    Waduh maaf ya mbak jadi bikin penasaran, tapi ini bener2 off the record 😀

  9. idrianita June 17, 2007 at 2:09 am Reply

    Salam kenal Mbak Wulan,

    Kalau kami dirumah punya kuse yang khas juga tuh.
    Si Papa dan anak lakinya (Raihan) punya kuse yang sama. Saya dengan anak perempuan (Nadya) jika ditelusuri juga punya kuse yang sama. Kusenya apa?….off the record …ahhh malu ngomongnya…
    Apakah kuse ada unsur genetiknya?

    Saya link blognya ya Mbak.

  10. wulan June 17, 2007 at 12:13 pm Reply

    He..he..kalau ngomongin kuse emang bikin malu..tapi apa mau dikata nikmat sih 😉
    Hmmm,ada unsur genetiknya gak ya, kurang tahu juga nih mbak. Jangan-jangan penyakit keturunan he..he.
    Saya link juga ya blognya mbak Id.

  11. kampret nyasar! June 19, 2007 at 2:05 pm Reply

    wah, si kampret ini juga punyakuse yang memalukan.. ngga berani ah share disini.. 🙂

  12. ario dipoyono June 22, 2007 at 7:52 am Reply

    ha…ha.. kuse ku adalah meminta uang ma orang tua klo mau jajan. Tapi sekarang dah maluuu

  13. wulan June 26, 2007 at 1:42 pm Reply

    #Kampret Nyasar : kuse memang berhubungan dengan hal-hal yang kadang2 memalukan, jadi gak dishare juga gak pa pa 🙂

    #Ario Dipoyono : kalau itu bukan cuma kuse mas Ario, mungkin semuanya juga pernah begitu. Syukurlah kalau udah insyaf 😀

  14. dewi July 12, 2007 at 11:45 am Reply

    kalau Kuse nya faikar, isep jempol , pegang rambut daku mbak, masih kayak dulu, terus kalo kuse bapaknya hihihihi garuk garuk ^_^
    kuse ku, adaaa ajaa…hihihi

  15. FIKAR August 31, 2007 at 7:29 am Reply

    salam kenal mas
    blognya keren

    kunjungi blog saya jg yak

  16. FIKAR August 31, 2007 at 7:31 am Reply

    salah bukan mas, tapi mbak 😀

  17. wulan September 17, 2007 at 2:05 am Reply

    #Dewi : walah…jadi kangen nih sama faikar 🙂

    #Fikar : Salam kenal juga mas…gak salah kan? 🙂

  18. adrians October 16, 2007 at 3:59 am Reply

    blogwalking.. salam

  19. benbego November 14, 2007 at 4:19 pm Reply

    Wow.. kuse ku rahasia aja deh. salam kenal! 😀

  20. Kang Andhi November 19, 2007 at 8:01 am Reply

    Hai Wulan…. Kabarku baik2 nih….
    Kapan pulang Semarang??
    Salam buat semua yang di Jakarta yaaa…..

  21. Nofie Iman November 27, 2007 at 2:19 pm Reply

    Numpang lewat. Salam kenal!

  22. wulan November 28, 2007 at 2:19 am Reply

    #Kang Andhi : Lha lebaran kemaren baru aja mudik ke semarang mas…

    #Nofie Iman : Salam kenal juga mas

  23. oRiDo January 3, 2008 at 8:04 am Reply

    Bu..
    anak2 nya ngga di-kuse-kan nge-blog??
    heheheh…
    *mungkin gak yah?? mikir mode*

  24. penunggangkuda January 22, 2008 at 6:27 am Reply

    Asl..kuse…kalo di kampoeng saya “se”..”itu se lah” mengapa se kamu? pokoke banyak deh se..se..se lainya…, ehe.. salam kenal….

  25. wulan April 7, 2008 at 11:49 am Reply

    #oRiDo : good idea…Insya Allah nanti dicoba 🙂

    #penunggangkuda : salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: